MACROMEDIA FLASH
Macromedia Flash adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah animasi sederhana sampai sebuah aplikasi web interaktif yang kompleks, seperti sebuah toko online. Anda dapat membuat media aplikasi Flash anda diperkaya dengan gambar/foto, sound, dan video. Flash memiliki banyak fitur yang membuatnya powerful tapi mudah digunakan, seperti komponen user interface yang draganddrop, ActionScript untuk membuat aplikasi menjadi interaktif, dan efekefek khusus yang dapat ditambahkan ke obyek.
Saat anda menggunakan Flash, anda membuat dokumen Flash, disebut movie, file yang tersimpan dengan ekstensi .fla. Saat anda menyelesaikan dokumen anda, anda perlu merubahnya ke format lain, disebut Shockwave, file dengan ekstensi .swf. File SWF ini dijalankan oleh Flash Player, yang secara default telah terinstall saat anda menginstall Flash. Adanya Flash Player ini memastikan movie anda bisa dijalankan pada banyak perangkat, dan browser. Anda bisa memperoleh player terbaru dari Macromedia Flash Player Download Center (http://www.macromedia.com/go/getflashplayer).
Versi Macromedia Flash
Pada saat buku ini ditulis, terdapat dua versi terbaru Macromedia Flash: Flash MX 2004 dan Flash MX Professional 2004. Untuk memastikan versi mana yang sedang anda gunakan, pilih menu Help > About Flash saat anda sudah menjalankan program. Perbedaan dari dua versi Flash ini adalah: terdapat tambahan fasilitas baru pada Flash MX Professional 2004, khususnya perangkat projectmanagement untuk mengoptimalkan kerja dalam kelompok, misal antar anggota web team yang terdiri dari designers dan developers.
Persiapan Bekerja dengan Flash Pada saat anda membuka aplikasi Macromedia Flash untuk pertama kali, anda akan diberikan beberapa pilihan pada halaman pembukanya.
· Open a Recent Item Untuk membuka file – file yang pernah dibuat/dikerjakan sebelumnya. · Open Membuka file yang telah disimpan. Format file yang dipergunakan pada Macromedia Flash adalah *.fla (Flash document), format ini menampung data – data asli pada saat pembuatan sebuah movie.
· Create New Membuat file baru.
· Create from Template Membuat sebuah halaman baru dengan desain layout dasar mengacu pada desain yang telah disediakan. Keuntungan membuat dokumen dari file template adalah sudah disediakan desain layout dan sudah diberikan script – script yang dibutuhkan.
Bidang Kerja Macromedia Flash Secara umum tampilan window Macromedia Flash dapat dilihat sebagai berikut : Keterangan :
a) Timeline Timeline berguna untuk mengatur waktu tampilan sebuah obyek, selain itu dalam beberapa kondisi khusus dapat diergunakan untuk meletakan action script.
b) Toolbox Berisi tools yang dapat anda pergunakan untuk membuat / mengolah tampilan.
c) Stage Stage adalah bidang kerja, pada stage dapat anda perhatikan adanya warna putih dan warna abu–abu. Daerah putih adalah bidang kerja yang ditampilakan sedangkan daerah abu–abu tidak akan ditampilkan pada hasil.
d) Properties Memuat berbagai macam atribut obyek terpilih, dan bisa dimodifikasi
e) Docking area Dipergunakan untuk mengumpulkan panelpanel
Fungsi tool pada toolbox
a. Selection tool Tool ini dipergunakan untuk memilih dan juga bisa dipergunakan untuk menggeser sebuah obyek, dan memodifikasi bentuk garis luar (stroke).
b. Sub Selection Tool ini dipergunakan untuk memilih node (titik) di dalam sebuah obyek shape yang masih saling berhubungan. Dapat pula dipergunakan untuk mengatur sudut shape.
c. Line Tool Membuat sebuah garis dalam mode vector. Bila menggunakan tool ini shape yang dibuat tidak dapat dilengkungkan secara langsung (dalam pembuatannya)
d. Lasso Tool Dipergunakan untuk memilih area tertentu dalam obyek berbasis vector untuk diolah secara terpisah.
e. Pen Tool Dipergunakan untuk membuat shape / kurva secara langsung dalam pembuatannya.
f. Text Tool Untuk membuat obyek berupa text yang dapat di set sesuai dengan kebutuhan.
g. Oval Tool Membuat obyek berupa lingkaran, terbagi dalam 2 buah obyek yaitu garis luar dan bagian dalam(berwarna)
h. Rectangle Tool Membuat obyek berupa kotak, terbagi dalam 2 buah obyek yaitu garis luar dan bagian dalam(berwarna)
i. Pencil Tool Hampir sama dengan line tool, dalam tool ini dapat dipilih tingkat penghalusan shape yang diinginkan.
j. Brush Tool Secara umum hampir sama seperti pencil tool, perbedaannya adalah pada intensitas warna yang dihasilkan.
k. Free Transform Tool Dipergunakan untuk memutar ataupun membuat obyek menjadi asimetris.
l. Fill Transform Tool Dipergunakan untuk mengubah arah ataupun jangkauan dari sebuah obyek yang memiliki warna–warna gradasi.
m. Ink Bottle Tool Memberikan garis luar (out line) pada obyek isian yang tidak memiliki garis luar.
n. Paint Bucket Tool Memberikan warna yang merata pada sebuah obyek isian yang memiliki warna senada
o. Eyes dropper Tool Mengambil contoh warna yang diinginkan di daerah manapun selama masih dalam program Macromedia Flash.
p. Eraser Tool Digunakan untuk menghapus obyek berbasis vector. Ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
q. Hand tool Menggeser layar bidang kerja sesuai dengan arah yang diinginkan, cara penggunaannya seperti drag.
r. Zoom Tool Memperbesar tampilan ataupun memperkecil tampilan bidang kerja.
s. Stroke Color Memberikan warna pada garis luar / outline
t. Fill Color Memberikan warna isi pada obyek.
Fungsi Timeline Keterangan :
a. layer area menunjukan layer yang dipergunakan, meliputi layer, layer mask dan guide layer.
b. Playhead Menunjukan posisi frame yang di tampilkan pada bidang kerja.
c. Timeline header Penunjuk jumlah frame
d. Frame View scale Mengubah tampilan pada timeline menjadi lebih besar atau lebih kecil
e. Frame area Tempat untuk mengatur frame.
f. Make a new layer Membuat layer baru.
g. Make a guideline Untuk membuat path yang dapat diikuti obyek pada saat dianimasikan.
h. Delete layer Menghapus layer yang dipilih
i. Playhead center Memposisikan playhead pada area union skin
j. Union skin Menampilkan beberapa frame secara bersamaan
k. Playhead position Menunjukan posisi (nomor frame) dari playhead
l. Frame rate Menunjukan berapa banyak frame yang dipergunakaan untuk pembuatan 1 detik animasi.
m. Elapsed time indikator Perkiraan waktu total presentasi.
Catatan:
· Frame Per Second (fps) adalah satuan yang dijadikan dasar untuk menghitung berapa durasi dari animasi, yaitu berapa frame yang dilewati playhead dalam 1 (satu) detik. · Frame adalah 1 (satu) kotak yang terdapat dalam timeline.
0 komentar:
Posting Komentar
jangan lupa komennya ya..